Klinik Pratama Padjadjaran Jatinangor
Telepon (022) 7781900
Whatsapp 081395874012
Email info@klinikjejaringpadjadjaran.com

Klinik Pratama Padjadjaran Jatinangor

Spesialisasi : BPJS

Klinik Padjadjaran Jatinangor semula menempati gedung UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pelayanan Kesehatan Universitas Padjadjaran Jatinangor yang sudah didirikan sejak 16 Februari 1998 diresmikan oleh Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. H. Maman P Rukmana. Selama kurun waktu 7 tahun (1998-2005) UPT dikelola dibawah UPT pusat Universitas Padjadjaran yang berkedudukan di Jalan Dipati Ukur. Pada bulan Oktober 2005 dilakukan kerjasama pengelolaan dengan menyerahkan pengelolaan gedung UPT Pelayanan Kesehatan Jatinangor kepada PT. Rumah Sakit Padjadjaran, dan beroperasional 2 Januari 2006.

Sejalan dengan penyelesaian izin ke Dinas Kesehatan Sumedang, PT RS Padjadjaran (RSP) mengajukan nama KLINIK PADJADJARAN sebagai klinik rintisan, PT RSP sendiri yang memiliki visi “Mewujudkan Klinik Jejaring & Rumah Sakit yang Mendukung Pendidikan dengan Pelayanan Prima”. Nama tersebut sebagai cikal bakal pengembangan nama-nama Klinik Jejaring Padjadjaran di Jawa Barat, baik yang didirikan sendiri maupun kerjasama pengelolaan. PT Rumah Sakit Padjadjaran sejak tanggal 2 Juni 2006 berdasarkan Surat Izin Balai Pengobatan nomor 445.5/429/027/YANKES/BP/III/2006 (kemudian diperbaharui menjadi nomor 503.445.5/008/BPMPP/2011 tentang Izin Tetap Balai Pengobatan pada tahun 2011) atasnama pengelola PT Rumah Sakit Padjadjaran agar dapat melayani pasien masyarakat umum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Beralihnya pengelolaan pelayanan kesehatan di Gedung UPT ini juga sekaligus memunculkan nama baru yaitu, Klinik Padjadjaran yang menjadi brand Klinik Jejaring PT Rumah Sakit Padjadjaran, sebagai klinik pertama yang di kelola perusahaan, yang bertujuan untuk melayani kesehatan seluruh sivitas  akademika  Unpad  dan  kepada masyarakat di sekitar kampus di Jatinangor Sumedang.

Berbagai perubahan dan perbaikan pelayanan serta infrastruktur terus dilakukan hingga sekarang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan klinik. PT Rumah Sakit Padjadjaran terus membangun dan mengembangkan pelayanan klinik dengan harapan dapat terus memberikan kontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat maupun pengembangan pendidikan kesehatan khususnya di wilayah Jawa Barat.

…..Pada awalnya KLINIK PADJADJARAN hanya melayani kebutuhan pelayanan kesehatan poli umum, dan poli gigi saja. Waktu layanan juga terbatas jam 08.00-16.00. Namun setelah beberapa waktu mulai dikembangkan pelayanan UGD 24 jam, Rawat Inap, Laboratorium, dan rontgen, dan juga beberapa layanan yang sifatnya di luar klinik. Yaitu berupa bantuan medis maupun bantuan social. Hal ini tak lepas dari tujuan klinik untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat di sekitar kampus…..

Kondisi Awal Waktu serah terima ke PT. RSP

Keadaan UPT Balai Kesehatan UNPAD pada Bulan Oktober tahun 2005 sebelum serah terima, kondisinya tidak terawat baik. Kondisi alat banyak yang rusak. Lantai dan dinding tidak terawat. Dinding pagar banyak coretan.

Unit pelayanan kesehatan waktu diserahkan terbatas pada pelayanan poli umum dan poli gigi. Dengan sumber daya manusia yang saat itu terbatas. Jam buka pelayanan dimulai pukul 8 sampai dengan jam 14.00 walaupun pada praktiknya hanya berjalan efektif sekitar 2 jam dari jam 9 sampai jam 11.00.

Berbagai perubahan dan perbaikan pelayanan serta infrastruktur terus dilakukan hingga sekarang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan klinik. PT Rumah Sakit Padjadjaran terus membangun dan mengembangkan pelayanan klinik dengan harapan dapat terus memberikan kontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat maupun pengembangan pendidikan kesehatan khususnya di wilayah Jawa Barat.

Kunjungan pasien pada tahun 2005, saat mulai dikelola PT Rumah Sakit Padjadjaran (RSP), tak kurang dari 3.663 pasien, pada tahun 2012 telah berkembang dan dikunjungi oleh tidak kurang dari 35.990 pasien atau naik 10 kali lipat. Kenaikan ini juga dibarengi dengan makin bertambahnya jenis layanan dimana saat ini Klinik Padjadjaran merupakan klinik dengan pelayanan 24 jam ditunjang dengan UGD maupun pemeriksaan penunjang lainnya. Termasuk pelayanan Kebidanan ditahun 2010 & Baby SPA ditahun 2013. Seiring perubahan PT ASKES dan Jamsostek menjadi BPJS (Badan Pengelola Jaminan Sosial), Klinik Pratama Padjadjadjaran Jatinangor ikut serta sebagai FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama). Beroperasinya BPJS Kesehatan mulai 1 Januari 2014 menjadi momentum perubahan pelayanan pasien menjadi kapitasi yang mendorong upaya preventif promotif dan menekan angka kunjungan kuratif dengan mengupayakan pencegahan, maka Klinik Padjadjaran Jatinangor juga menyesuaikan diri dengan membangun layanan khusus Klinik Pratama pada tahun 2020.

Pada 31 Desember 2016, perjanjian kerjasama antara PT. RUMAH SAKIT PADJADJARAN dengan Universitas Padjadjaran berakhir. Gedung UPT diserahterimakan kembali dan Klinik Padjadjaran Jatinangor menempati lokasi baru diJalan kolonel Ahmad Syam nomor 245. Sayang, Jatinangor.

Penyerahan pengelolaan secara simbolis ditandai penandatanganan Kesepakatan Bersama Pengakhiran Perjanjian Kerjasama Operasional antara Unpad dengan PT. Rumah Sakit Padjadjaran tentang Perjanjian Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan pada Klinik Padjadjaran Unpad Kampus Jatinangor. Penandatanganan dilakukan Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, dengan Direktur Utama PT. Rumah Sakit Padjadjaran, Dr. Koeswadji, M.Sc., di Bale Padjadjaran Unpad Kampus Jatinangor, Rabu (28/12).

…..Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad, (kedua dari kanan) beserta Direktur Utama PT. Rumah Sakit Padjadjaran, Dr. Koeswadji, M.Sc., (kedua dari kiri) usai penandatanganan Kesepakatan Bersama Pengakhiran Perjanjian Kerjasama Operasional antara Unpad dengan PT. Rumah Sakit Padjadjaran, di asrama 4 Bale Padjadjaran Unpad Kampus Jatinangor, Rabu (28/12). (Foto: Dadan T.)*…..

Dalam acara tersebut hadir Rektor ke-9 Unpad, Prof. Himendra Wargahadibrata, dr., Sp.AN., KIC., Guru Besar Fakultas Kedokteran Unpad Prof. Dr. Ponpon S. Idjradinata, dr., SpAK., pimpinan universitas dan fakultas, serta perwakilan dari pihak PT. Padma dan PT. Rumah Sakit Padjadjaran.

 

Klinik Padjadjaran sebagai brand PT Rumah Sakit Padjadjaran yang berdiri sejak tahun 2006 mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Buka selama 24 jam penuh serta ditunjang berbagai fasilitas lengkap seperti poli umum, poli gigi, Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam, poli malam, rawat inap, laboratorium, rontgen, apotek, serta ambulan. Dokter-dokter serta petugas kesehatan siap siaga selama 24 jam melayani setiap pasien yang masuk. Apotek tersedia dengan obat-obatan standar untuk pertolongan pertama, ditambah dengan ruang rawat inap yang nyaman. Sebagai salah satu sarana kesehatan pendidikan, berbagai kemudahan diberikan kepada mahasiswa Unpad. Salah satunya adalah potongan harga yang diberikan. Mahasiswa Unpad yang berobat ke klinik umum cukup membayar Rp 10 ribu untuk administrasi, caranya dengan membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang berlaku selama 4 tahun.

Berkembangnya unit usaha Klinik Jejaring Padjadjaran RSP dari tahun ke tahun dan juga ditambah dengan semakin berkembangnya Klinik Pratama Padjadjaran Jatinangor sebagai pusat pelayanan kesehatan, menjadikan RSP terus berbenah dan meningkatkan kapasitas pelayanan yang hanya Klinik Pratama dan berupaya untuk mendorong berdirinya Klinik Utama, agar dapat menghadapi tantangan tahun-tahun berikutnya. Hal inilah yang menjadi dasar untuk PT RSP mendirikan Klinik Utama Padjadjaran guna memberikan pelayanan medik spesialistik atau pelayanan medik dasar dan spesialis. Pimpinan Klinik Padjadjaran Jatinangor dari masa ke masa adalah sebagai berikut :
1. Pangestu Widodo, dr. (2006 – 2008)
2. M. Faisal Siregar, dr. (2008-2009)
3. Dian Jauhari, dr. (2009-2010)
4. Yudhi Andross, dr (2010-2012)
5. Teuku Renardiansyah, dr. (2012)
6. Yayan Sundara, dr. (2012-2013)
7. Reagan Vincent Pantouw (2014-2015)
8. Dinda Prima Asmara, dr. (2015-sekarang)

Agenda / Event

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930