Klinik Gigi

Klinik Gigi

Pelayanan gigi yaitu pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis, premedikasi, kegawatdaruratan oro-dental, pencabutan gigi sulung (topical, infiltrasi), pencabutan gigi permanen tanpa penyulit, obat pasca ekstraksi, tumpatan komposit, glass ionomer cement (GIC), scalling (pembersihan karang gigi), serta pelayanan gigi lain yang dapat dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama sesuai Panduan Praktik Klinik (PPK) Dokter Gigi.

SE-Covid-19.-protap-drg-dalam-penyebaran-COVID-19.pdf (34 downloads)

..Perawatan periodik, yaitu aktivitas pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu seperti rutin melakukan pemeriksaan gigi dan mulut ke pelayanan kesehatan (dokter gigi) setiap 6 bulan sekali. Perawatan seperti ini dapat mendeteksi sedini mungkin kerusakan–kerusakan, kelainan gigi dan mulut. Perawatan yang dilakukan antara lain adalah dengan melakukan pembersihan karang gigi (scalling) yang dapat menghindari terjadinya kerusakan jaringan pendukung gigi..

Dalam pelaksanaan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut tersebut dapat juga dilaksanakan secara tim. Adapun tenaga kesehatan gigi dan mulut yang terdapat dalam satu tim kesehatan tersebut terdiri dari dokter gigi dan perawat gigi.
Dokter gigi bertindak sebagai pemimpin tim karena dokter gigi adalah tenaga kesehatan akademik profesional sesuai dengan pendidikannya dan memberikan pelayanan medis.
Perawat gigi, sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan profesionalnya, berfungsi memberikan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut kepada individu, keluarga dan masyarakat.
Standar pelayanan bersifat komprehensif, artinya memberikan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut yang profesional, dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan, dimulai dari tata laksana administrasi, penjaringan/pengumpulan data kesehatan gigi, melakukan kegiatan promotif, melaksanakan tindakan preventif dan kuratif sederhana, menyelesaikan standar hygiene pemeliharaan alat-alat kedokteran gigi dan lingkungan kerja.
Pada era globalisasi ini, tuntutan akan pelayanan kesehatan yang bermutu dengan memberikan kepuasan bagi para pengguna jasa pelayanan kesehatan menjadi sangat penting. Profesionalisme yang ditunjukkan dengan perilaku kesehatan yang senantiasa menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan diri dengan mengutamakan nilai-nilai moral dan etika profesi sangat diperlukan.
Salah satu penyedia pelayanan kesehatan di Indonesia adalah dokter gigi. Saat ini pelayanan yang banyak berkembang di bidang kesehatan gigi dan mulut adalah tindakan yang bersifat kuratif dan rehabilitatif. Namun mulai beberapa tahun lalu mulai gencar dilakukan upaya dalam meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut berupa tindakan promotif dan preventif, diantaranya edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut.
Oleh karena itu agar seorang dokter gigi dapat bekerja secara optimal tentunya membutuhkan kolaborasi dengan profesi yang bisa membantu dalam pelayanan kesehatan gigi terutama tindakan preventif dan promotif. Oleh karena itu saat ini mulai berkembang akan adanya kebutuhan dental hygienist di Indonesia.
Pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut adalah pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terencana, ditujukan kepada kelompok tertentu yang dapat diikuti dalam kurun waktu tertentu diselenggarakan secara berkesinambungan dalam bidang promotif, preventif, dan kuratif sederhana yang diberikan kepada individu, kelompok, dan masyarakat. Ilustrasi di atas menunjukkan kegiatan yang terencana yang dapat dilakukan baik di dalam gedung maupun di luar (misalnya, kegiatan Posyandu, kunjungan ke lembaga pendidikan, dll), pada semua kelompok masyarakat.

Pelayanan Kesehatan Gigi Umum melayani:
  • Konsultasi dan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang bersifat umum.
  • Pelayanan kesehatan gigi dasar maupun lanjutan awal seperti pembersihan karang gigi (scalling), penambalan gigi, pencabutan gigi, maupun tindakan lainnya.
  • Pembuatan gigi palsu.

 

Klinik Gigi
Klinik Padjadjaran Jatinangor
Info WA (CHAT ONLY) 081395874012

Kunjungi IG @klinik.padjadjaran.jatinangor
https://www.instagram.com/klinik.padjadjaran.jatinangor/

Bagi  yang mempunyai permasalahan seperti gigi berlubang, karang gigi, gusi bengkak maupun permasalah gigi lainnya, dokter gigi kami siap memberikan pelayanan terbaiknya.

Jadwal Praktik Dokter Gigi :

Senin – Sabtu
Pasien Umum : 08.00 – 20.00
Pasien BPJS : 08.00 – 14.00
(Hari Minggu & libur nasional TUTUP)

 

Klinik Gigi
Klinik Padjadjaran Leles Garut

Kunjungi IG @klinik_padjadjaran
https://www.instagram.com/klinik.padjadjaran.garut/

Agenda / Event

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930