Klinik Umum

Dokter umum merupakan istilah yang digunakan untuk dokter yang berfokus pada pengobatan masalah kesehatan dan gejala umum yang dialami pasien. Seorang dokter umum juga dikenal sebagai dokter layanan tingkat pertama, di mana dokter umum berperan dalam memberikan pencegahan, diagnosis, dan penanganan awal, serta merujuk ke dokter spesialis jika diperlukan.

.Secara umum, perbedaan mendasar antara dokter umum dan dokter spesialis adalah pemberian layanan kesehatan yang bersifat menyeluruh terhadap pasien. Selain itu, dokter umum juga memegang peranan penting dalam memberikan perawatan medis awal dan berkelanjutan kepada pasien dari segala kelompok usia.

Ada keluhan dengan kesehatan anda?
Atau ingin melakukan konsultasi langsung?
Silahkan periksa dan konsultasikan dengan para Dokter Umum kami di Klinik Jejaring Padjadjaran

Jadwal Dokter Umum

Jadwal : setiap hari 08.00 – 20.00
(Libur nasional tetap buka)

Kemampuan Dokter Umum

Berikut adalah standar kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang dokter umum:

• Memiliki keahlian anamnesis (wawancara medis) kepada para pasiennya. Ini bertujuan untuk mencari tahu keluhan penyakit yang dialami dan informasi lainnya yang berkaitan dengan penyakit.
  • Memiliki keahlian dalam melakukan pemeriksaan fisik umum, guna mendiagnosis dan menentukan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.
  • Dapat meresepkan obat-obatan berdasarkan penyakit yang diderita pasien.
  • Mampu memberikan vaksinasi dan melakukan perawatan luka.
  • Dapat memberikan edukasi atau konseling mengenai pemeliharaan kesehatan yang baik.
  • Mampu melakukan rehabilitasi medis dasar pada pasien dan masyarakat guna mencegah komplikasi penyakit lebih lanjut.
  • Mampu melakukan pemeriksaan penunjang sederhana, seperti tes urine dan tes darah, serta menginterpretasi hasil tes tersebut.
  • Mampu mengusulkan tes penunjang lain, misalnya pemeriksaan Rontgen, berdasarkan gejala yang dialami pasien.
  • Dapat melakukan tindakan pencegahan dan membantu mengarahkan pasien agar mau menjalani pola hidup sehat.
  • Bertanggung jawab untuk merujuk pasiennya ke dokter spesialis yang sesuai.

Tak hanya itu, dokter umum pun dituntut untuk mampu melakukan manajemen sumber daya dan fasilitas di tempat kerjanya, mampu memberikan pertolongan pertama pada pasien gawat darurat, serta bisa melakukan pembedahan kecil (minor surgery).

Penyakit yang Bisa Ditangani Dokter Umum

Berikut adalah daftar penyakit dan kondisi yang bisa ditangani oleh dokter umum, di antaranya:

• Infeksi saluran pernapasan akut, seperti flu, radang tenggorokan, amandel, dan laringitis.
  • Penyakit pada paru-paru, seperti pneumonia, asma, tuberkulosis paru tanpa komplikasi, dan bronkitis akut.
  • Mabuk perjalanan.
  • Kejang demam.
  • Migrain, sakit kepala, dan vertigo.
  • Hipertensi.
  • Nyeri sendi dan otot.
  • Gangguan tidur (insomnia).
  • Penyakit pada mata, seperti konjungtivitis dan mata kering.
  • Infeksi telinga, misalnya otitis eksterna.
  • Rhinitis alergi dan rhinitis akut.
  • Infeksi bakteri, jamur, dan parasit.
  • Penyakit menular seksual, misalnya gonore.
  • Masalah pencernaan, seperti penyakit asam lambung, gastritis, diare, dan konstipasi.
  • Demam tifoid.
  • Alergi makanan, intoleransi makanan, serta keracunan makanan.
  • Reaksi anafilaktik.
  • Infeksi saluran kemih (ISK).
  • Infeksi payudara (mastitis).
  • Penyakit metabolik, termasuk diabetes, kolesterol tinggi, asam urat, malnutrisi, dan obesitas.
  • Kekurangan zat besi (anemia).
  • Masalah kulit, seperti dermatitis kontak iritan, eksim atopik, biduran, kutu, kudis, dan infeksi jamur pada kulit.

Ada pula penyakit lain yang tidak bisa ditangani secara menyeluruh oleh dokter umum, seperti meningitis, epilepsi, glaukoma akut, penyakit paru obstruksi kronik (PPOK), atau gagal jantung. Namun pada kasus-kasus tersebut, dokter umum bertanggung jawab untuk memberikan perawatan awal dan memastikan kondisi pasien stabil serta mencegah komplikasi berlanjut. Dalam praktik sehari-hari, pasien yang menderita penyakit-penyakit tersebut akan dirujuk oleh dokter umum ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kenapa Penting Melakukan Pemeriksaan ke Dokter?

Pemeriksaan dan tes kesehatan secara teratur dapat membantu menemukan masalah sebelum menjadi parah. Pemeriksaan dini juga membantu menemukan masalah secara lebih efisien, sehingga mendapatkan peluang untuk perawatan dan penyembuhan lebih baik.

Dengan mendapatkan layanan kesehatan yang tepat, pemutaran, dan perawatan, kamu dapat mengambil langkah-langkah yang membantu peluang untuk hidup lebih sehat dan berkualitas. Usia, riwayat kesehatan dan keluarga, pilihan gaya hidup (yaitu apa yang dikonsumsi, seberapa aktif, dan apakah kamu merokok atau tidak), dan faktor-faktor penting lainnya memengaruhi apa dan seberapa sering seseorang membutuhkan perawatan kesehatan.

Sejatinya, dokter umum maupun dokter layanan primer dilatih untuk menemukan tanda-tanda gejala yang mungkin mengindikasikan masalah serius yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut dan perlu segera ditindaklanjuti.

Ketika sedang dalam kondisi gawat, tak jarang pasien memeriksakan diri ke dokter umum terlebih dahulu. Dalam kasus ini, dokter umum akan memberikan perawatan yang menyelamatkan jiwa sampai ambulans dan bantuan lebih lanjut tiba, serta rujukan ketingkat layanan lebih lanjut yang terspesialisasi.

sumber : dikutip dari laman alodokter.com

Agenda / Event

Juli 2024