Program Preventif Promotif Kerjasama Garudafood

Program Preventif Promotif Kerjasama Garudafood

Koodinator Program GP2SP Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dewi Ratnasari, SKM, M.Si., mengatakan saat ini hampir semua sektor pekerjaan menyerap tenaga kerja perempuan. “Perempuan mempunyai tugas ganda selain bekerja juga mengerjakan pekerjaan rumah tangga serta bertanggungjawab terhadap kualitas anak sebagai generasi penerus,” ungkap Dewi saat melakukan audiensi dengan Pengelola GP2SP PT Garudafood Sumedang. Selasa (30/5), seperti dikutip dari laman Garudafood.com

Dewi merujuk ketentuan dalam Undang-undang No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 165 menyatakan bahwa pengelola tempat kerja wajib melakukan segala bentuk upaya kesehatan melalui upaya pencegahan, peningkatan, pengobatan, dan pemulihan bagi tenaga kerja. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Cabang Sumedang terhitung, Selasa tanggal 7 (tujuh), bulan Juni tahun 2022 (dua ribu dua puluh dua), bertempat di Sumedang, menandatangani kerjasama dengan Klinik Padjadjaran Jatinagor untuk operasional Ruang Kesehatan yang dilengkapi sarana penunjang medis dengan tenaga perawat siaga 24 jam setiap harinya dan dokter jaga di jadwal tertentu setiap pekannya. Pelayanan yang diberikan mencakup penyuluhan atau konseling, penyebarluasan informasi kesehatan kerja penyakit, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, aktivitas kebugaran untuk pekerja, dll.

Peresmian Pelayanan 1 Juli 2022

Ruang Kesehatan adalah tempat untuk memberikan pelayanan kesehatan diluar klinik namun dalam operasionalnya di bawah naungan Klinik. Pelayanan yang akan diselenggarakan terutama bidang pelayanan kesehatan kerja minimal (peningkatan, pencegahan, pengobatan dan pemulihan), yang diselenggarakan oleh perusahaan atau badan hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan berdasarkan Pasal 12 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 88 tahun 2019 tentang Kesehatan Kerja menyatakan bahwa Fasilitas kesehatan yang dimaksud dapat berupa Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan dan dapat dikerjasamakan dengan pihak lain.

Selain itu juga Ruang Kesehatan menyediakan pelayanan Preventif, Inventarisasi jenis pekerjaan agar dapat mengetahui resiko yang mungkin timbul, Pengenalan resiko bahaya di tempat kerja, Penyediaan contih dan kepatuhan dalam menggunakan alat pelindung diri. Di samping itu yang tidak kalah pentingnya adalah penyediaan Pelayanan Kuratif seperti Pelayanan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) sederhana, Pelayanan Pertolongan Pertama Pada Penyakit. Salah satu pelayanan preventif promotif diadakan Program GP2SP, dengan harapan mendorong perusahaan dapat memberikan perhatian dan kepedulian terhadap tenaga kerja wanita sesuai dengan tujuan program dan tujuan perusahaan sendiri. Selain kerjasama dengan Klinik Padjadjaran sebagai mitra kerja pelayanan kesehatan dalam pengelolaan Ruang Kesehatan, Garudafood Sumedang juga mendapat dukungan penuh Puskesmas Sawahdadap dan Puskesmas Cimanggung Kabupaten Sumedang dalam pelayanan kesehatan karyawannya.

Menurut Dewi, GP2SP antara lain bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan dan gizi pekerja perempuan mencapai produktivitas kerja yang maksimal dan meningkatkan kualitas generasi penerus.
PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Unit Bisnis Sumedang Jawa Barat optimistis Program Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) bisa meningkatkan kesehatan karyawan sekaligus mendongkrak produktivitas. “Kami optmistis GP2SP di sini berjalan optimal bukan hanya meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya kesehatan, melainkan juga produktivitas yang akan ikut meningkat,” ungkap Personnel Section Head PT Garudafood Sumedang, Fitra Andriana.*

Sumber : Kabar Berita Terkini

Baca Juga Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Pabrik Pati, Jawa Tengah)

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) unit Sumedang, Jawa Barat berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat sebagai perusahaan yang berkomitmen pada program Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP). Penghargaan ini diberikan bersamaan dengan perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat tepatnya di Gedung Sate, Bandung – Jawa Barat pada hari Senin, 13 November 2023. Garudafood diwakili oleh Bapak Effi Harfiana selaku Human Capital & Services Head unit Sumedang menerima penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Bapak Bey Machmudin selaku PLT Gubernur Provinsi Jawa Barat.

0 Komentar

Agenda / Event

Juni 2023
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930